Logo Bloomberg Technoz

Komisi Dagang AS Gugat Microsoft, Minta Stop Akuisisi Activision

News
13 June 2023 15:00

Microsoft. (dok Bloomberg)
Microsoft. (dok Bloomberg)

Leah Nylen dan Anna Edgerton - Bloomberg News

Bloomberg, Komisi Perdagangan Federal atau Federal Trade Commission (FTC) AS menggugat Microsoft Corp. di pengadilan federal pada Senin (12/06/2023). FTC menginginkan Microsoft menghentikan rencanaakuisisi Activision Blizzard Inc. senilai US$69 miliar atau setara Rp1.028 triliun (asumsi kurs Rp14.900/US$).

Dalam pengajuan di pengadilan federal California, FTC meminta pengadilan memblokir transaksi akuisisi tersebut sebelum batas waktu kesepakatan berakhir pada 18 Juli. FTC juga meminta pengadilan internal diberi kesempatan untuk meninjau aksi korporasi itu.

Saham Microsoft ditutup 1,6% lebih tinggi pada US$331,85 pada akhir perdagangan Senin waktu setempat. Sementara Activision Blizzard ditutup 0,8% lebih rendah pada  US$79,77.

"Kami menyambut dengan baik kesempatan untuk mempresentasikan kasus kami ke pengadilan federal," kata Presiden Microsoft Brad Smith dalam sebuah pernyataan. "Kami percaya mempercepat proses hukum di AS akhirnya akan membawa lebih banyak pilihan dan persaingan ke pasar."

perusahaan game Activision Blizzard Inc. (Dok Bloomberg)