Logo Bloomberg Technoz

Crowe Dalam Lingkaran Wanaartha, Ini Deretan Auditor Waskita

Dityasa Hanin Forddanta
09 June 2023 14:20

Waskita. (Dok. Waskita)
Waskita. (Dok. Waskita)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian BUMN bersama pihak terkait seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah melakukan investigasi laporan keuangan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Investigasi ini berangkat dari dugaan manipulasi laporan keuangan kedua emiten BUMN Karya tersebut.

Isu pun mulai meluas, hingga menyeret nama auditor independen yang bertugas melakukan audit laporan keuangan. Kantor akuntan publik (KAP) Kosasih Nurdiyaman Mulyadi, Tjahjo & Rekan kini menjadi yang paling disorot.

Terlebih, KAP anggota Crowe Indonesia itu merupakan auditor yang sama untuk Wanaartha Life. KAP ini telah dicabut izinnya oleh OJK medio Februari tahun ini, imbas kasus gagal bayar asuransi yang merugikan nasabah triliunan rupiah tersebut.

Waskita telah beberapa kali mengganti auditor independen. Sebelum Crowe Indonesia, WSKT menggunakan jasa Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan yang merupakan anggota RSM Indonesia sejak 2018.

Waskita. (Dok. Waskita)

Waskita pernah mengguanakan jasa Deloitte. Namun, tercacat hanya satu kali. Sebelum Deloitte, perusahaan menggunakan jasa TPL & Associates, yang salah satu anggotanya adalah Soejatna, Mulyana & Rekan.