Logo Bloomberg Technoz

BNBR Gandeng Envision Group Bangun Net Zero Industrial Park

Dityasa Hanin Forddanta
05 June 2023 08:19

Direktur Utama VKTR Teknologi Mobilitas Gilarsi W. Setijono, Founder & CEO Envision Group Lei Zhang & Direktur Utama BNBR Anindya Bakrie.
Direktur Utama VKTR Teknologi Mobilitas Gilarsi W. Setijono, Founder & CEO Envision Group Lei Zhang & Direktur Utama BNBR Anindya Bakrie.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan milik Grup Bakrie bersama PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) bersama Envision Group akan mengembangkan net zero industrial park di Sulawesi Selatan. 

Kawasan industri tersebut akan menggunakan energi hijau seperti tenaga angin dan matahari untuk aktivitas pemurnian bijih nikel refining, serta manufaktur material baterai. Manajemen mengklaim ini merupakan net zero industrial park pertama di Asia Tenggara.

"Jadi, kami tidak hanya membangun ekosistem energi, melainkan juga membawa ekosistem baterai bersama bakrie ke Indonesia," kata Pendiri dan CEO Envision Group, Lei Zhang dalam keterangan resmi, dikutip Senin (5/6/2023).

Lei menambahkan, dari sejumlah negara di Asia Tenggara, Indonesia dipilih karena memiliki sumber daya alam mineral yang melimpah, mulai dari nikel hingga tembaga. Itu semua terkadung di dalam tanah.

Sedangkan sumber daya alam di atas tanah seperti angin, matahari dan air turut mendukung penggunaan sumber energi baru terbarukan.