Logo Bloomberg Technoz

VKTR Fokus Segmen Kendaraan Berat Listrik Setelah Incar IPO Rp1 T

Dityasa Hanin Forddanta
26 May 2023 17:30

Suasana RUPS Bakrie & Brothers (Dok bakrie-brothers.com)
Suasana RUPS Bakrie & Brothers (Dok bakrie-brothers.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) akan fokus bisnis kendaraan berat listrik selepas initial public offering (IPO). Dengan demikian, VKTR akan menjadi perusahaan publik pertama di Indonesia yang berkecimpung dalam industri kendaraan listrik, yang dimulainya dari segmen kendaraan berat.

“VKTR akan fokus dalam mengembangkan bisnis di segmen kendaraan komersial seperti bus dan truk listrik. Berdasarkan data, kebutuhan bus di kota Jakarta saja mencapai lebih dari 10.000 unit hingga tahun 2030. Jika menghitung potensi di seluruh Indonesia, maka angka 10.000 unit ini dapat menjadi 20 kali lipat lebih besar,” ujar Komisaris Utama VKTR sekaligus Direktur Utama BNBR Anindya Novyan Bakrie dalam keterangan tertulis, Jumat (26/5/2023).

Fokus tersebut tercermin dari rencana penggunaan dana IPO. VKTR akan melepas 8,75 miliar saham baru atau 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. 

Harga yang ditawarkan berkisar Rp100 hingga Rp130/saham. Artinya, VKTR akan meraup dana sehar antara Rp875 miliar hingga Rp1,1 triliun.

Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono pada kesempatan yang sama menjelaskan, perusahaan akan mengalokasikan 39,93% dana IPO untuk belanja modal atau capital expenditure (capex), dan sebesar 11,59% akan diberikan bagi perusahaan anak, yaitu Bakrie Autoparts (BA) dalam bentuk penyertaan modal.