Logo Bloomberg Technoz

Pada penyesuaian perjalanan Commuter Line Cikarang dilakukan dengan peningkatan kecepatan perjalanan dari semula 70 km per jam menjadi 95 km per jam dengan headway rata-rata menjadi 9 menit dari yang sebelumnya 12 menit. KAI Commuter juga akan memperpanjang 6 perjalanan feeder relasi Cikarang-Bekasi PP menjadi relasi Cikarang-Manggarai-Kampung Bandan dan pengaturan konektivitas antara Commuter Line Cikarang dengan Commuter Line Jatiluhur dan Commuter Line Walahar.

Sedangkan penyesuaian pada Commuter Line Rangkasbitung dilakukan dengan memperkecil rata-rata headway menjadi 15 menit pada lintas Rangkasbitung – Parungpanjang yang sebelumnya 19 menit, dan lintas Parungpanjang – Serpong memperkecil hedway menjadi 12 menit yang sebelumnya memiliki headway selama 13 menit. KAI Commuter juga akan melakukan optimalisasi relasi perjalanan dengan perpanjangan relasi pada 16 perjalanan feeder relasi Rangkasbitung – Parungpanjang PP menjadi relasi Rangkasbitung-Tanah Abang PP.

Sebagai stasiun integrasi, di Stasiun Rangkasbitung KAI Commuter telah mengintegrasikan jadwal-jadwal pemberangkatan maupun kedatangan antara perjalanan Commuter Line Rangkasbitung dengan Commuter Line Merak.

Khusus di wilayah Tangerang, terdapat pelayanan perjalanan Commuter Line Tangerang dan Commuter Line Bandara Soetta. Pada penyesuaian perjalanan Commuter Line Tangerang dilakukan dengan meningkatkan kecepatan perjalanan dari 65 km per jam menjadi 70 km per jam, serta memperkecil headway menjadi 18 menit yang sebelumnya selama 20 menit. 

Sedangkan pelayanan perjalanan Commuter Line Bandara, sejak 1 Juni 2023 KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 56 perjalanan tiap harinya yang sebelumnya sebanyak 40 perjalanan. Pengguna Commuter Line Basoetta juga bisa melanjutkan perjalannya menggunakan Commuter Line Jabodetabek di Stasiun Batu Ceper, Stasiun Duri atau Stasiun BNI City. 

Penyesuaian pada Gapeka 2023 ini juga dilakukan pada Commuter Line Tanjungpriok dengan memperkecil rata-rata headway menjadi 18 menit yang sebelumnya selama 20 menit. 

“KAI Commuter mengimbau kepada pengguna untuk menyesuaikan dan memperhatikan kembali waktu jadwal keberangkatan perjalanannya sejak 1 Juni 2023. Selalu ikuti arahan dan informasi yang diberikan petugas di stasiun.” kata Anne.

(ezr)

No more pages