Logo Bloomberg Technoz

Meski Bitcoin masih berharga setengah dari capaian kenaikan pada 2021, pemulihan yang stabil pada aset digital ini telah mendorong penambang untuk melanjutkan atau bahkan memperluas kerja penambangan mereka selama 2023. Penurunan biaya listrik dan hadirnya mesin komputer baru yang lebih efisien, juga berkontribusi pada peningkatan daya komputasi.

Apa yang terjadi hari ini, telah membantu kenaikan lebih dari dua kali lipat harga saham para penambang, termasuk Marathon Digital Holdings Inc., dan Riot Platforms Inc., tahun ini.

Namun, semakin banyak daya penambangan yang ada, semakin sedikit Bitcoin akan diterima oleh setiap penambang. Pasalnya jaringan hanya memberikan token dalam jumlah terbatas pasca berhasil memproses sejumlah data.

“Para penambang Bitcoin merasakan listrik yang lebih murah sebelum memasuki musim panas,” kata Wolfie Zhao, kepala penelitian dari TheMinerMag, yang merupakan bagian dari firma konsultan penambangan kripto BlocksBridge. “Mesin yang lebih baru dan lebih efisien juga menghasilkan lebih banyak daya komputasi dengan jumlah energi yang sama.”

dok: Btc.com

Margin kotor para perusahaan pertambangan besar telah meningkat selama kuartal pertama, menurut data yang dikumpulkan oleh TheMinerMag.

Para penambang Bitcoin menghadapi hal yang cukup menantang selama kuartal terakhir, ketika cuaca dingin di negara bagian Texas, wilayah yang ramah terhadap kripto, membuat harga listrik melonjak. Di lain sisi, harga Bitcoin yang terus-menerus rendah memicu krisis likuiditas dan kebangkrutan para perusahaan pertambangan besar, seperti Core Scientific Inc. 

Para penambang juga mencoba selalu meningkatkan efisiensi operasi penambangan dengan membeli mesin baru. Mereka juga menggunakan sistem pendingin yang lebih efektif untuk mesin-mesin tersebut, sebelum perubahan dalam kode Bitcoin, atau halving, pada tahun depan.

Perubahan berdampak pada pengurangan reward, yang merupakan sumber pendapatan utama para penambang, menjadi setengahnya. Bitcoin diprediksi akan mencapai batas 21 juta pada tahun 2140.

(bbn)

No more pages