Logo Bloomberg Technoz

Kota-kota di China Susah Bayar Utang

News
02 June 2023 18:20

Kota di China (Sumber: Bloomberg)
Kota di China (Sumber: Bloomberg)

Tom Hancock - Bloomberg News

Bloomberg - Tekanan keuangan yang dihadapi oleh pemerintah lokal China membatasi dukungan fiskal untuk pemulihan ekonomi, dengan separuh jumlah kota menghadapi kesulitan dalam mengelola pembayaran bunga utang mereka tahun lalu.

Hal tersebut menurut laporan pada peneliti Grup Rhodium, yang memeriksa laporan tahunan dari 205 kota di China dan hamir 3.000 fasilitas pembiayaan pemerintah daerah, berupa perusahaan milik negara yang melakukan investasi pada infrastruktur.

Separuh dari jumlah kota menghadapi biaya utang di atas 10% dari total pendapatan mereka. Sebuah ambang batas yang menurut para peneliti menunjukkan kesulitan dalam mengelola biaya pembayaran utang. Angka tersebut naik sepertiga dari tahun 2021.

Peningkatan beban utang pemerintah daerah yang relatif terhadap pendapatan didorong oleh pembatasan pandemi yang meluas dan kemerosotan properti tahun lalu. Hal ini mengurangi pendapatan pajak dan penjualan tanah, menurut Rhodium. Dua kota di China, Lanzhou di barat dan Guilin di Selatan, menghadapi beban utang yang lebih besar dari total pendapatan mereka tahun lalu.