Logo Bloomberg Technoz

Kinerja bursa Asia hari ini mayoritas bergerak di zona merah. Indeks Hang Seng Hong Kong anjlok 2,47%, indeks Nikkei 225 drop 1,56%, indeks Shanghai terdepresiasi 0,84%, indeks Strait Times Singapore turun 0,57%, dan indeks Kospi minus 0,20%.

Pemulihan ekonomi China terus melemah pada Mei 2023, tercermin pada data  aktivitas manufaktur yang merosot. Indeks Pembelian Manufaktur (Purchasing Managers’ Index/PMI)  kembali terkontraksi menjadi 48,8. Ini merupakan angka terendah sejak Desember 2022 yang lalu, dan juga lebih rendah survei median Bloomberg, yaitu 49,5.

Aktivitas non-manufaktur di sektor jasa dan konstruksi China juga mengalami kontraksi, yakni menjadi 54,5 dari sebelumnya pada level 56,4 pada April, yang juga berada di bawah ekspektasi, mengutip Biro Statistik Nasional China pada Rabu (31/5/2023) seperti yang diwartakan Bloomberg News.

Selain itu, output produksi pabrik di Jepang secara tak terduga turun untuk pertama kalinya dalam tiga bulan pada April di tengah perlambatan ekonomi global. Hal ini menandai awal yang lemah pada kuartal kedua untuk negara tersebut.

Kementerian industri Jepang mengumumkan, produksi industri drop 0,4% daripada kinerja bulan sebelumnya setelah dua bulan berturut-turut tercatat ekspansif. Angka ini jauh lebih rendah dari perkiraan ekonom yang memprediksi adanya kenaikan 1,4%. 

(fad)

No more pages