Logo Bloomberg Technoz

“Di tengah pertumbuhan jumlah devices yang terhubung dan peningkatan lalu lintas trafik, serta anggaran data center yang naik, jadi sulit untuk seluruhnya mengandalkan [jalur] cloud,” kata Katouzian. Tidak ada seorang pun yang mau melakukannya, jika melibatkan informasi pribadi.

Naiknya permintaan cip, yang menjadi otak dari pengembangan AI, seperti ChatGPT dari OpenAI mendorong saham perusahaan produsennya, Nvidia Corp. terus mencatat rekor. Antusiasme akan AI mendorong banyak perusahaan yang memulai arsitektur semikonduktor, Arm Ltd. hingga Asustek Computer Inc. dari Taiwan, untuk memusatkan perhatian  pada layanan terkait AI. Banyak eksekutif telah menyatakan bahwa era komputasi terbaru telah tiba.

Berbeda dengan Nvidia, yang prospek pendapatan kuartalan mengalahkan estimasi dari analis, Qualcomm berada di bawah estimasi. Hal ini disebabkan lesunya permintaan global akan telepon seluler.

Katouzian mengatakan terjadi kelebihan pasokan akan berakhir dengan kekurangan pada akhir kuartal tahun ini. Beberapa klien Qualcomm mulai meningkatkan pesanan untuk komponen yang lebih kecil, sebuah indikator utama untuk peningkatan permintaan, katanya.

(bbn)

No more pages