Logo Bloomberg Technoz

Kunjungan Wang ke AS adalah kunjungan tingkat tertinggi pertama pejabat China dalam lebih dari dua tahun ini ke negara tersebut. Hal ini bertepatan dengan dorongan oleh pemerintahan Biden untuk memperbaiki hubungan antara kedua negara agar usai adanya serangkaian masalah, mulai dari kehebohan atas dugaan balon mata-mata yang melintasi AS pada bulan Februari hingga sanksi dan kontrol ekspor atas semikonduktor.

Menurut AS, kedua menteri itu melakukan pembicaraan yang jujur dan substantif tentang masalah yang berkaitan dengan hubungan komersial AS-China, termasuk lingkungan perdagangan dan area potensial untuk kerja sama.

Sementara China mengatakan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk membangun komunikasi untuk mempertahankan dan memperkuat hubungan tentang masalah-masalah dan kerja sama perdagangan.

Sekretaris Perdagangan AS, Gina Raimondo (Sumber: Bloomberg)

Raimondo tidak menyebutkan nama perusahaan mana pun, tetapi China pada Minggu mengatakan pihaknya melarang beberapa perusahaan penting untuk membeli produk dari Micron Technology Inc. yang berbasis di Idaho karena alasan keamanan nasional, sebuah langkah yang telah memicu seruan balasan di Washington.

Berbicara pada penghujung KTT G-7 di Jepang pada  Minggu, Biden menyatakan optimisme bahwa hubungan dengan China akan mencair dalam waktu dekat. Namun, duta besar baru untuk AS Xie Feng kemudian mengatakan hubungan itu memiliki kesulitan dan tantangan serius.

Perdagangan adalah beberapa dari bidang pertikaian antara kedua negara yang paling sulit. Raimondo selama ini telah memimpin pembatasan ekspor cip dan teknologi pembuatan cip ke China.

--Dengan asistensi Fran Wang.

(bbn)

No more pages