Logo Bloomberg Technoz

Konser Coldplay Bisa Jadi Katalis Target Ekonomi Turisme Rp162 T

Sultan Ibnu Affan
23 May 2023 17:50

Tiket konser Coldplay di Malaysia juga ludes dalam sekejap (Sumber: Coldplay)
Tiket konser Coldplay di Malaysia juga ludes dalam sekejap (Sumber: Coldplay)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai kehadiran konser Coldplay di Jakarta pada 15 November 2023 bakal berkontribusi cukup besar dalam merealisasikan target perputaran ekonomi dari sektor turisme senilai Rp162 triliun pada tahun ini.

“Kan kita sudah banyak mendapatkan permintaan untuk meningkatkan jumlah konser [Coldplay] menjadi 2 hari. Ini sedang diupayakan. Mudah-mudahan dalam beberapa pekan ke depan kita bisa mendapatkan jawaban,” ujarnya di sela Rakernas Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Selasa (23/5/2023).

Kendati belum dapat mendetailkan perhitungan dampak konser grup musik asal Inggris tersebut terhadap perputaran ekonomi, Sandi meyakini pergelaran tersebut akan memiliki andil cukup besar. Salah satunya tecermin dari industri perhotelan.

“Untuk itu [perputaran ekonomi] belum ada perhitungan yang pasti, tetapi dari total 3.000 event calendar tahun yang kami kurasi tahun ini, target penciptaan perputaran ekonomi [dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif] di atas Rp162 triliun,” tuturnya.

Sandiaga Uno tak bisa masuk war tiket Coldplay (Instagram @sandiuno)

Sandi mengatakan konser Coldplay setidaknya berdampak langsung terhadap geliat sektor perhotelan di DKI Jakarta, khususnya di seputar kawasan Gelorang Bung Karno (GBK). Dia memprediksi berkat perhelatan tersebut, omzet industri akomodasi berpotensi naik 20%.