Logo Bloomberg Technoz

Pada 2080 Sepertiga Penduduk Dunia Terpapar Panas Ekstrem

News
23 May 2023 10:10

Cuaca Panas Ekstrem Melanda Dunia, Ini Daftar Negaranya (Ilustrasi/Bloomberg Technoz)
Cuaca Panas Ekstrem Melanda Dunia, Ini Daftar Negaranya (Ilustrasi/Bloomberg Technoz)

Antony Sguazzin - Bloomberg News

Bloomberg, Sepertiga dari populasi global akan hidup dalam kondisi yang sangat panas pada tahun 2080 jika manusia di dunia masih hidup dengan cara seperti saat ini. Seluruh negara di Afrika Barat dan Teluk Persia akan masuk ke dalam zona panas ekstrem, berdasarkan hasil sebuah penelitian terbaru.

Suhu global rata-rata akan meningkat 2,7 derajat Celsius dalam dua dekade terakhir abad ini, menurut para peneliti dari Global Systems Institute Universitas Exeter. Mereka mendefinisikan daerah yang sangat panas, atau daerah yang berada di luar apa yang disebut sebagai human niche, daerah yang memiliki suhu rata-rata tahunan di atas 29C.

"(Angka) Emisi seumur hidup 3,5 dari rata-rata warga dunia saat ini (atau 1,2 rata-rata warga Amerika Serikat) membuat satu orang di masa depan terpapar panas yang belum pernah terjadi sebelumnya di akhir abad ini," tulis para peneliti dalam penelitian Quantifying the Human Cost of Global Warming. 

Suhu yang lebih tinggi akan menyebabkan lebih banyak kematian akibat panas, mengurangi produktivitas dan mengakibatkan hasil panen yang lebih rendah, peningkatan migrasi dan penyebaran penyakit menular.