Logo Bloomberg Technoz

Resesi AS di depan Mata, The Fed Perlu Turunkan Bunga September

News
18 May 2023 06:13

Jerome Powell, Chairman US Federal Reserve (Bloomberg)
Jerome Powell, Chairman US Federal Reserve (Bloomberg)

Ruth Carson - Bloomberg News - 

Bloomberg, Terjadinya resesi di Amerika Serikat (AS) adalah kepastian virtual dan Federal Reserve, bank sentral AS bisa menurunkan suku bunga pada kuartal ketiga karena pertumbuhan ekonomi negeri itu sudah kehilangan momentum, menurut JPMorgan Asset Management.

"Pasar sudah tepat dengan mengharapkan pemangkasan bunga," kata Seamus Mac Gorain, Head of Global Rates JPMorgan Asset Management di London, Inggris.

"Inflasi terlalu tinggi dan butuh resesi untuk menurunkannya kembali," katanya, seraya menambahkan bahwa krisis perbankan AS "hanya membuat resesi lebih mungkin terjadi."

Mac Gorain, yang memilih surat utang US Treasury sebagai pilihan, sejalan dengan para trader swap yang memperkirakan bahwa Fed akan mengeksekusi pembalikan arah bunga acuan segera setelah September demi melawan pertumbuhan ekonomi yang melambat. Akan tetapi, bank sentral AS telah berulang kali menolak gagasan ini, meningkatkan prospek bahwa taruhan semacam itu dapat menjadi bumerang jika pejabat mempertahankan sikap membatasi untuk menahan inflasi.