Logo Bloomberg Technoz

Kebakaran hutan tahun ini jauh lebih tidak merusak ketimbang yang melanda wilayah pasir minyak Kanada pada tujuh tahun lalu. Kebakaran pada 2016 menghentikan lebih dari satu juta barel produksi minyak mentah harian dan menghancurkan seluruh bagian Fort McMurray, kota utama kawasan itu. 

Hujan buatan telah membantu petugas pemadam kebakaran mengendalikan rangkaian kobaran api terbaru dalam beberapa hari terakhir. Jumlah kebakaran hutan turun menjadi 82, turun dari lebih dari 100 pada awal pekan ini, kata para petugas.

Saat ini, sebanyak 23 titik api masih dianggap belum terkendali. Di sisi lain, Fort McMurray diperkirakan akan mencapai suhu 32 celsius pada Minggu, menurut Environment Canada. 

Jumlah pengungsi berkurang menjadi kurang dari 17.000 dari sebanyak 31.000 pada awal pekan ini. Sementara itu ratusan anggota Angkatan Bersenjata Kanada dikerahkan ke berbagai daerah termasuk daerah Grande Prairie, Fox Creek dan Drayton Valley untuk membantu memerangi kobaran api. 

Aktivitas para produsen minyak dan gas kini telah kembali. Pembina Pipeline Corp. mengatakan bahwa fasilitas mereka yang ditutup karena kebakaran telah kembali beroperasi. Peyto Exploration & Development Corp. juga mengatakan telah memulihkan semua produksi dari dua pabrik yang ditutup.

(bbn)

No more pages