Logo Bloomberg Technoz

Kemendag: Ratusan Pasar Sudah Gunakan Pembayaran QRIS

Rezha Hadyan
08 May 2023 21:30

Pembayaran menggunakan QRIS
Pembayaran menggunakan QRIS

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim program digitalisasi pembayaran di pasar tradisional melalui implementasi pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) berjalan sesuai harapan.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyebut target pasar tradisional yang mengimplementasikan pembayaran QRIS tahun ini sudah tercapai separuhnya.

Kemendag menargetkan jumlah pasar tradisional yang mengintegrasikan seluruh metode pembayaran nontunai itu sebanyak 1.000 setiap tahunnya.

"Itu saya mesti lihat dulu angka persisnya berapa. Cuma setahu saya itu kita sudah hampir setengahnya ya," katanya saat ditemui di sela-sela Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI), di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Senin (8/5/2023).

Menurut Jerry, implementasi pembayaran QRIS di pasar-pasar tradisional merupakan upaya Kemendag untuk mendukung inklusi keuangan. Dengan adanya program ini, pembayaran nontunai makin familiar dan banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya di luar kota-kota besar.