Logo Bloomberg Technoz

Kemendag Bantah Adanya Kenaikan Harga Minyakita

Rezha Hadyan
08 May 2023 17:00

MinyaKita di Pasar Murah Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Rezha Hadyan)
MinyaKita di Pasar Murah Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Rezha Hadyan)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perdagangan menyangkal adanya kenaikan harga minyak goreng kemasan sederhana Minyakita yang belakangan ini menjadi keluhan masyarakat di sejumlah daerah.

Berdasarkan pantauan Bloomberg Technoz di sejumlah pedagang eceran kebutuhan pokok di Bekasi, Jawa Barat; ditemukan Minyakita yang dijual dengan harga melampaui harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kg.

Minyak goreng tersebut dijual dengan harga Rp15.000—Rp16.000 per liter.

Demikian halnya dengan Minyakita yang dijual di pasar-pasar tradisional. Beberapa pedagang menjual minyak goreng tersebut dengan harga di atas HET dengan dalih harga beli atau modal sudah di atas Rp14.000 per liter.

Saat ditanya mengenai kondisi tersebut, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga membantah kalau Minyakita dijual dengan harga tidak sesuai ketentuan.