Logo Bloomberg Technoz

Ed Sheeran Menang atas Gugatan Plagiarisme Lagu Marvin Gaye

News
05 May 2023 09:20

Musisis asal Inggris Ed Sheeran menang dari gugatan plagiarisme lagu di Pengadilan Manhattan (Stephanie Keith/Bloomberg)
Musisis asal Inggris Ed Sheeran menang dari gugatan plagiarisme lagu di Pengadilan Manhattan (Stephanie Keith/Bloomberg)

Isaiah Poritz dan Bob Van Voris - Bloomberg News

Bloomberg, Musisi asal Inggris, Ed Sheeran, dinyatakan tidak bersalah atas gugatan plagiarisme lagu "Thinking Out Loud" miliknya terhadap lagu soul klasik "Let's Get It On" milik musisi senior Marvin Gaye.

Juri federal di Manhattan New York menyampaikan putusan tersebut pada Kamis (04/55/2023). Ed Sheeran digugat oleh Kathryn Townsend Griffin selaku putri Ed Townsend, yang menulis lagu "Let's Get It On" bersama Marvin Gaye. Mereka menuduh lagu hit Thinking Out Loud itu menjiplak lagu Marvin Gaye yang sempat populer pada 1973 silam.

Ini adalah kedua kalinya Ed Sheeran lolos dari tudingan pelanggaran hak cipta. Tahun lalu pengadilan Inggris memutuskan ia tidak bersalah atas tudingan menyalin lagu lain untuk membuat lagu "Shape of You" yang menjadi hit pada 2017 lalu.

Menurut laporan Bloomberg News, sebelum keputusan tersebut, Ed Sheeran dan tim hukumnya berencana akan makan siang di kafetaria gedung pengadilan pada hari Kamis, namun mereka kemudian dipanggil kembali ke pengadilan untuk mendengar keputusan dari juri. Setelah mendengar vonis tersebut, dia dan Amy Wadge, rekan penulisnya di lagu "Thinking Out Loud" pun berpelukan lama.