Logo Bloomberg Technoz

PacWest kehilangan lebih dari setengah valuasinya hanya beberapa jam setelah Gubernur bank sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan pihak berwenang semakin dekat dalam upaya mengatasi gejolak yang dialami oleh empat bank di negara itu tahun ini. 

Penurunan harga saham bank regional menunjukkan kecemasan pasar atas sektor ini tetap tinggi, meskipun Powell menjamin pada Rabu bahwa penyitaan dan penjualan First Republic oleh pemerintah kepada JPMorgan Chase & Co. adalah langkah penting untuk mengakhiri periode krisis.

Bank-bank besar AS sejauh ini terisolasi dari gejolak yang disebabkan oleh bank kecil ini, dan The Fed mengatakan bahwa sistem keuangan negara sehat. Namun, kejadian PacWest ini dapat meningkatkan tekanan pada pembuat kebijakan untuk menopang bank-bank yang lebih kecil yang telah kesulitan untuk mengatasi dampak dari pengetatan moneter AS yang paling agresif sejak 1980-an.

Figur penting di sektor keuangan termasuk miliarder Bill Ackman dan mantan Presiden Federal Reserve Bank Dallas Robert Kaplan termasuk dari mereka yang memperingatkan bahwa akan terjadi lebih banyak tekanan pada perbankan.

“Kepercayaan pada lembaga keuangan dibangun selama beberapa dekade dan dihancurkan dalam beberapa hari,” kata Ackman, yang merupakan kepala eksekutif Pershing Square, di Twitter. “Saat setiap domino jatuh, bank terlemah berikutnya mulai goyah.”

PacWest telah mempertimbangkan perpisahan atau peningkatan modal untuk mengatasi masalah ini, kata para sumber yang mengetahui masalah tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya. Meskipun terbuka untuk penjualan, perusahaan belum memulai proses lelang formal, kata mereka.

Penjualan langsung terhambat karena tidak banyak pembeli potensial yang tertarik pada bank itu, yang terdiri dari bank komunitas bernama Pacific Western Bank dan beberapa bisnis pinjaman komersial dan konsumen, menurut para sumber.

Pembeli potensial bank ini juga berpotensi harus membukukan kerugian besar dengan mengurangi beberapa pinjamannya.

PacWest bukan satu-satunya bank regional AS yang tengah dalam masa sulit sekarang. Western Alliance Bancorp juga turun sebanyak 38% dalam perdagangan postmarket, sementara Comerica Inc. dan Zions Bancorp masing-masing turun lebih dari 10%.

(bbn)

No more pages