Logo Bloomberg Technoz

Laporan Pelecehan Anak Melonjak, Termasuk di Instagram, Google

News
04 May 2023 11:10

Instagram (Sumber: Bloomberg)
Instagram (Sumber: Bloomberg)

Cecilia D’Anastasio – Bloomberg News

Bloomberg, Laporan pelecehan terhadap anak secara online meningkat di banyak perusahaan teknologi dan media sosial terbesar selama setahun terakhir, termasuk Instagram Meta Platforms Inc. dan Google Alphabet Inc.

Dikutip dari National Center for Missing and Exploited Children, laporan eksploitasi anak secara daring dari TikTok, Twitch dari Amazon.com Inc., Reddit Inc., aplikasi obrolan Omegle, dan Discord Inc. juga mengalami peningkatan.

Badan Keamanan Anak di Amerika Serikat (AS) menerima lebih dari 32 juta laporan yang melibatkan bujuk rayu secara online, materi pelecehan seksual anak, dan perdagangan seks anak pada tahun 2022, ada sekitar 2,7 juta lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Meskipun materi pelecehan seksual terhadap anak (child sexual abuse material/CSAM) adalah kategori terbesar, terdapat peningkatan sebesar 82% dalam laporan terkait bujuk rayu secara online. Hal ini dikaitkan dengan "pemerasan seks", yang melibatkan menarget anak-anak untuk berbagi foto senonoh dan memeras mereka untuk mendapatkan uang.