Logo Bloomberg Technoz

AS Dihantui Gagal Bayar, Gedung Putih Tetap Ogah Sunat Anggaran

News
03 May 2023 14:45

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre (Sumber Bloomberg)
Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre (Sumber Bloomberg)

Steven T. Dennis - Bloomberg News

Bloomberg, Gedung Putih masih berpegang teguh pada posisinya yang menolak anggaran dipotong dalam upaya menaikkan batasan utang agar negara tersebut tidak mengalami gagal bayar.

“Mengingat terbatasnya waktu yang dimiliki Kongres sekarang, jelas bahwa satu-satunya jalan praktis untuk menghindari gagal bayar adalah kongres menangguhkan batas utang, tanpa syarat,” ujar Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre pada Selasa (02/03/04).

Pimpinan kedua partai politik di AS sebenarnya sepakat bahwa batas utang harus dinaikkan karena kesenjangan antara pengeluaran pemerintah dan penerimaan yang besar. Namun, Partai Republik, yang mengambil kendali DPR AS, ingin membarengi kenaikan batas utang dengan pemotongan anggaran bagi pemerintah.

Ilustrasi uang kertas dolar AS. (Toru Hanai/Bloomberg)

Ketua DPR AS Kevin McCarthy telah mengusulkan untuk menaikkan plafon utang negara sebesar US$1,5 triliun dan memangkas pengeluaran hingga tiga kali lipat dari jumlah itu. Sementara itu, Biden mengatakan bahwa menaikkan plafon utang tidak dapat dibarengi dengan tindakan lainnya.