Logo Bloomberg Technoz

UNTR Bagi Dividen Melebihi Laba, Kas dan Ekspansi Bagaimana?

Muhammad Julian Fadli
14 April 2023 14:50

PT United Tractors Tbk Jakarta, Indonesia (Photographer: Dimas Ardian/Bloomberg News)
PT United Tractors Tbk Jakarta, Indonesia (Photographer: Dimas Ardian/Bloomberg News)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten kontraktor pertambangan Grup Astra International, PT United Tractors Tbk (UNTR) telah menyepakati pembagian dividen senilai Rp 25,45 triliun dalam RUPS Tahunan pada Rabu (12/4/2023) kemarin. Kesepakatan ini menghasilkan total dividen UNTR tahun buku 2022 menjadi Rp 7.003/saham.

Jumlah keseluruhan dividen UNTR setara dengan 121% dari total laba bersih Perseroan sepanjang 2022 yang sebesar Rp 21 triliun. Dengan demikian, dividen yang dibagikan nilainya melebihi laba bersih yang dihasilkan pada kinerja 2022.

Total dividen tersebut tercatat lebih besar dibandingkan Earning Per Share (EPS) United Tractors sebesar Rp 5.679/saham. Sehingga total dividen yang dibagikan UNTR ini akan berasal dari profit yang diperoleh pada kinerja 2022, dan juga dari kas yang tersedia.

Manajemen UNTR dalam keterangannya menuturkan, tingginya total dividen keseluruhan Perseroan didukung dari profitabilitas dan cash flow ratio yang sangat kuat.

“Dengan mempertimbangkan keuntungan dan rasio aliran kas Perseroan yang masih positif, tidak hanya pada 2022 tapi juga tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

Kas dan Setara Kas UNTR (Bloomberg)