Logo Bloomberg Technoz

China akan Kirim PM ke Australia, Pertama Kalinya Sejak 2017

News
11 June 2024 16:50

Perdana Menteri China Li Qiang. (Fotografer: Liesa Johannssen-Koppitz/Bloomberg)
Perdana Menteri China Li Qiang. (Fotografer: Liesa Johannssen-Koppitz/Bloomberg)

Ben Westcott - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Li Qiang akan menjadi pemimpin China paling senior yang mengunjungi Australia dalam tujuh tahun terakhir saat ia mendarat pada Sabtu (15/6/2024). Ini sebuah tonggak sejarah diplomatik yang mungkin akan dibayangi oleh gesekan baru terkait investasi dan pengerahan militer.

Li akan berkunjung ke Adelaide, Canberra, dan Perth dalam sebuah tur empat hari, kata pemerintah Australia dalam sebuah pernyataan pada Selasa (11/6/2024). Ia akan menjadi pemimpin senior China pertama yang mengunjungi Australia sejak pendahulunya Li Keqiang yang terakhir kali melakukan kunjungan pada Maret 2017.

"Menyambut Perdana Menteri China di pantai kami adalah kesempatan bagi Australia untuk memajukan kepentingan kami dengan menunjukkan nilai-nilai nasional kami, kualitas masyarakat kami dan kekuatan ekonomi kami," kata Perdana Menteri Anthony Albanese dalam sebuah pernyataan.

Lawatan orang nomor dua di China setelah Presiden Xi Jinping ini akan disambut sebagai tanda terbaru menghangatnya hubungan diplomatik antara Beijing dan Canberra. Peningkatan yang stabil telah terjadi sejak terpilihnya pemerintahan Partai Buruh yang berhaluan kiri-tengah pada Mei 2022.