Logo Bloomberg Technoz

Pernyataan Lengkap Jokowi soal UKT Batal Naik Tahun Ini

Redaksi
28 May 2024 10:55

Presiden Joko Widodo. (Dok: Bloomberg)
Presiden Joko Widodo. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Jokowi menegaskan pemerintah memutuskan untuk membatalkan kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) perguruan tinggi. Pernyataan lengkap Jokowi soal UKT batal naik tahun ini.

Jokowi menyebut bahwa ia telah menyampaikan pertimbangan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim hingga akhirnya UKT batal naik.

“Ya saya memberikan pertimbangan-pertimbangan tapi tadi kan sudah disampaikan oleh Mendikbud bahwa UKT sementara ini yang kenaikannya sangat tinggi itu dibatalkan, dan akan diatur untuk bisa diingatkan tapi nanti teknisnya tanyakan ke Mendikbud tapi intinya sudah dibatalkan oleh Mendikbud,” ujar Jokowi, Senin (27/5/2024).

Presiden Jokowi juga memastikan bahwa kenaikan UKT akan dievaluasi dan dikaji terlebih dahulu dan kemungkinan baru akan berlaku pada tahun depan.

“Kemudian kenaikan setiap universitas akan dikaji dan dikalkulasi sehingga kemungkinan nanti ini kebijakan di Mendikbud akan dimulai kenaikannya di tahun depan. Jadi ada jeda tidak langsung seperti sekarang,” tegas dia.