Logo Bloomberg Technoz

Bila Pasar Buka Hari Ini, Rupiah dan IHSG Sepertinya Melemah

Tim Riset Bloomberg Technoz
23 May 2024 11:30

Karyawan merapihkan uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan merapihkan uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasar modal Indonesia tutup di sisa hari pekan ini memperingat Hari Raya Waisak dan cuti bersama. Libur akhir pekan yang lebih panjang pekan ini menjauhkan pergerakan bursa domestik dan nilai tukar rupiah dari sentimen global yang tengah menyetir pasar saat ini.

Tadi malam waktu Indonesia, Federal Reserve merilis Risalah Rapat atau Minutes of Meeting pertemuan komite terbuka The Fed (FOMC) yang berlangsung 30 April-1 Mei lalu. Risalah rapat The Fed melempar sinyal hawkish ke pasar yang semula sudah lebih optimistis terhadap prospek penurunan bunga acuan tahun ini.

Indeks dolar AS kembali menguat meski tipis, sementara mata uang Asia pagi ini terlihat bergerak variasi di mana won Korea, dong Vietnam, peso Filipina dan ringgit Malaysia melemah. Sementara yuan China, dolar Hong Kong dan dolar Taiwan serta dolar Singapura bergerak menguat.

Pergerakan variasi mata uang Asia itu juga sejalan dengan dinamika bursa di kawasan yang juga tidak seragam. Indeks bursa saham di Jepang menguat, Nikkei naik 1,13%, TOPIX naik 0,65%. 

Lalu, indeks saham di China kebanyakan melemah di mana Hang Seng turun 1,47%, Shanghai tergerus 1%. Di Taiwan dan Korea, bursa saham masih merangkak naik.