Logo Bloomberg Technoz

Harga Emas Stabil Usai Redup Karena Risalah Hawkish The Fed

News
23 May 2024 09:35

Emas batangan.
Emas batangan.

Jason Scott, Bloomberg News 

Bloomberg, Harga emas stabil setelah penurunan terbesarnya dalam sehari pada bulan ini. Penurunan dipicu komentar hawkish dari anggota dewan Federal Reserve bahwa suku bunga Amerika Serikat (AS) perlu tetap lebih tinggi lebih lama atau higher for longer untuk memerangi inflasi yang kukuh.

Bullion ditutup turun 1,7% pada Rabu (22/5/2024) untuk melanjutkan penurunannya dari level tertinggi sepanjang masa pada Senin lalu. Risalah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pada Mei menunjukkan kekhawatiran atas kenaikan harga yang mengecewakan dan diskusi untuk mempertahankan suku bunga lebih lama “jika inflasi tidak menunjukkan tanda-tanda bergerak secara berkelanjutan menuju” target bank sentral sebesar 2%.

Prospek penerapan pelonggaran moneter oleh The Fed tahun ini telah menjadi salah satu katalis bagi rekor harga emas baru-baru ini, seiring dengan meningkatnya risiko geopolitik dan kuatnya pembelian oleh bank sentral dan konsumen China. Suku bunga yang lebih rendah berdampak positif bagi logam mulia karena tidak membayar bunga.

Harga emas batangan tetap naik sekitar 15% tahun ini didukung oleh pembelian bank sentral, permintaan yang kuat di Asia dan konflik di Ukraina dan Timur Tengah yang menegaskan status emas sebagai aset safe-haven.