Logo Bloomberg Technoz

Ekonom: BI Rate Bisa Turun Usai The Fed Pangkas FFR Kuartal III

Azura Yumna Ramadani Purnama
23 May 2024 10:45

Citibank. (Dok: Bloomberg)
Citibank. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Citibank, N.A, Indonesia (Citi Indonesia) memprediksi Bank Indonesia (BI) akan menurunkan suku bunga acuan (BI Rate) pada semester II 2024, setelah bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve berpotensi memangkas suku bunga kebijakan (Fed Fund Rate/FFR) Juli mendatang.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi memperkirakan Federal Reserve akan menurunkan suku bunga acuan pada Kuartal III-2024. Dia meyakini pemangkasan itu berpotensi terjadi hingga empat kali dengan besaran 100 basis poin (bps).

“Prinsipnya bahwa penurunan FFR akan ada implikasinya dengan penurunan BI Rate, sehingga prinsip yang tadi di paparkan baik untuk implikasinya ke Suku Bunga di Indonesia bahwa BI akan melakukan penurunan ini sesudah ada tindakan penurunan dari pada The Fed,” kata Batara dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa penurunan BI Rate akan lebih kecil jika dibandingkan penurunan Fed Fund Rate yang sebelumnya diprediksi akan dipangkas sebanyak empat kali dan sebesar 100bps.

Batara menyebut bahwa penurunan BI Rate itu juga sangat tergantung dengan kondisi inflasi di Indonesia. Namun, pihaknya memprediksi inflasi akan berada dibawah 3% untuk tahun 2024.