Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub Sebut Pesawat Jatuh di BSD Berisi Tiga Orang

Pramesti Regita Cindy
19 May 2024 16:01

Kondisi puing-puing pesawat yang jatuh di BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (18/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Kondisi puing-puing pesawat yang jatuh di BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (18/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara perihal video viral sebuah pesawat latih jatuh dengan keadaan kondisi hancur di kawasan BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (19/5/2024). 

Kemenhub melalui Juru Bicaranya Adita Irawati membenarkan bahwa pesawat latih yang jatuh tersebut merupakan Pesawat Cessna 2006 dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia) yang jatuh di daerah BSD Tangerang Selatan sekitar pukul pukul 14.30 WIB, Minggu, 19 Mei 2024.

"Pesawat PK-IFP dengan 3 (tiga) orang onboard  (1 penerbang, 1 engineer dan 1 penumpang) dan saat ini masih dalam proses evakuasi di lokasi," jelas Adita dalam pernyataan resminya, Minggu (19/4/2024). 

Lebih lanjut mengenai detail kronologi jatuhnya pesawat dan lainnya, Adita hanya menyebut bahwa hal tersebut akan disampaikan oleh pihak Inspektor penerbangan dan juga  beberapa pihak terkait. 

"Adapun penjelasan detail mengenai hal ini akan disampaikan lebih lanjut berkoordinasi dengan Tim KNKT [Komite Nasional Keselamatan Transportasi] dan Inspektor Penerbangan dari Ditjen Perhubungan Udara serta Kepolisian setempat."