Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Pamer Indonesia Berhasil Tangani Kemiskinan Ekstrem

Redaksi
19 May 2024 12:30

Keterangan Pers Presiden Jokowi, Pontianak, 21 Maret 2024. (Youtube Setpres)
Keterangan Pers Presiden Jokowi, Pontianak, 21 Maret 2024. (Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Indonesia telah mencapai tingkat keberhasilan yang signifikan dalam menangani kemiskinan ekstrem. Bank Dunia bahkan mengakui hal ini secara langsung.

Melalui unggahannya di Instagram, @jokowi, yang dilansir Minggu (19/5/2024), presiden Indonesia itu mengutip pernyataan Country Director World Bank Indonesia Satu Kahkonen yang menyatakan bahwa Indonesia berhasil menekan angka kemiskinan ekstrem 1,5% pada tahun 2022. Ini sekarang menjadi standar untuk keberhasilan penanganan kemiskinan ekstrem.

"Menurut Country Director World Bank Indonesia, Indonesia dapat dikatakan telah mencapai pemberantasan kemiskinan ekstrim ketika angkanya mencapai 1,5% di 2022,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, data dari Bank Dunia dan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa angka kemiskinan ekstrem di Indonesia terus menurun hingga mencapai 1,12% pada tahun 2023.

Jokowi menyimpulkan bahwa pemerintah terus berkomitmen dan bekerja keras untuk memberantas kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.