Logo Bloomberg Technoz

Putin Bertemu Xi Jinping di China, Minta Dukungan Perang Ukraina

News
16 May 2024 11:40

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping (Sumber: Bloomberg)
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Beijing untuk kunjungan pertamanya ke China dalam masa jabatan barunya, menyoroti pentingnya hubungan dengan Moskow setelah invasi Ukraina.

Menurut siaran televisi China Central Television, Putin tiba di ibukota China pada Kamis (16/05/2024) pagi. Putin kemungkinan akan memprioritaskan perlawanan terhadap peringatan AS kepada China terkait perdagangan dengan Rusia dalam perbincangan dengan Presiden Xi Jinping.

Dalam wawancara tertulis sebelumnya dengan kantor berita resmi Xinhua, Putin mengatakan Rusia dan China akan memperdalam kolaborasi di bidang energi terbarukan, kecerdasan buatan, industri teknologi tinggi dan banyak lagi. Pemimpin Rusia berusia 71 tahun itu juga akan mengunjungi kota Harbin di timur laut, di mana ia akan berpartisipasi dalam upacara pembukaan Expo Rusia-China ke-8.

Kedua pemimpin, yang menyatakan persahabatan tanpa batas hanya beberapa minggu sebelum Putin meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina, telah bertemu lebih dari 40 kali sejak Xi berkuasa pada 2012.