Logo Bloomberg Technoz

Dampak Mematikan Perubahan Iklim: Merusak Kesehatan Otak & Mental

News
16 May 2024 20:30

Kaum Muda Inggris Krisis Kesehatan Mental. (Dok: Bloomberg)
Kaum Muda Inggris Krisis Kesehatan Mental. (Dok: Bloomberg)

Alicia Clanton - Bloomberg News

Bloomberg, Kondisi seperti demensia, epilepsi, dan depresi bisa menyebar dan bertambah parah seiring dengan meningkatnya suhu bumi.

Dalam sebuah studi yang dirilis pada Rabu (15/05/2024), peneliti dari University College London menganalisis literatur ilmu saraf untuk mengungkapkan bagaimana suhu ekstrem dan bencana akibat perubahan iklim memengaruhi penyakit saraf dan gangguan kesehatan mental. Mereka menemukan bahwa faktor lingkungan tidak hanya memengaruhi prevalensi penyakit, tetapi juga dapat meningkatkan risiko rawat inap, kecacatan, dan bahkan kematian.

Dampak perubahan iklim terhadap kesehatan telah dipelajari dengan baik, terutama terkait penyakit infeksi dan pernapasan. Namun, perubahan iklim juga berdampak pada kesehatan neurologis, dengan proses pengaturan suhu tubuh tampaknya menjadi pendorong utama peningkatan kondisi yang dipicu oleh panas ekstrem.

"Agar berfungsi dengan baik, otak harus dijaga dalam kisaran suhu yang relatif sempit," kata Sanjay Sisodiya, profesor di UCL Queen Square Institute of Neurology yang memimpin penelitian. "Jika otak terkena suatu penyakit, maka kemampuan otak untuk mengatur suhu tubuh terganggu. Ambil contoh seseorang dengan penyakit saraf dan menempatkan mereka dalam gelombang panas yang luar biasa, Anda dapat melihat bagaimana hal itu bisa memperburuk penyakit saraf mereka."