Logo Bloomberg Technoz

Pamer Internet Starlink, dari Pelosok hingga Pinggir Jakarta

Redaksi
16 May 2024 17:05

Tes jaringan internet Starlink.
Tes jaringan internet Starlink.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Animo internet satelit Starlink di Indonesia merambah ke sosial media. Beberapa pengguna yang telah menerima ‘Starlink Kit’, berisi antena parabola, router WiFi 5 dengan spesifikasi IEEE 802.11a/b/g/n/ac, serta kabel, membagikan pengalaman membongkar, merakit, dan pamer kecepatan internet.

Salah satu pengguna, Eko Kurniawan membagikan hasil pengujian kecepatan internet satelit Starlink lewat posingan di media sosial X. Didapat hasil 233 Mbps dan latensi 32 ms, dengan penggunaan tiga perangkat yang terhubung ke jaringan.

Pemilik akun @drayanaindra masih di media sosial X juga bercerita mendapatkan kecepatan internet di 304 Mbps dalam satu pengujian, sedangkan pada kesempatan berbeda di 266 Mbps.

“Betul sekali. Kalau di daerahnya ada jaringan FO [fiber optic] dan cukup murah untuk pasang, ya mending pake FO gue pun akan ngelakuin hal yang sama,” cerita dia.

“Posisi rumah gue juga bukan daerah terpencil. Walaupun deket ke jalan utama, kabel listrik dan tiang pun harus nge modal sendiri. Dan internet selama ini pake Liveon + modem CAT12 biar dapet speed yang lebih stabil dengan biaya Rp180 ribu untuk 100GB kuota.”