Logo Bloomberg Technoz

10th World Water Forum 2024

Citarum Harum Bakal ‘Dipamerkan’ di Ajang World Water Forum


Pemerintah Indonesia akan kenalkan program perbaikan kualitas air Sungai Citarum di World Water Forum ke-10. (Foto: dok Kementerian PUPR)
Pemerintah Indonesia akan kenalkan program perbaikan kualitas air Sungai Citarum di World Water Forum ke-10. (Foto: dok Kementerian PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah Indonesia akan memperkenalkan program perbaikan kualitas air Sungai Citarum sebagai percontohan pengelolaan sumber daya air dalam World Water Forum ke-10 yang akan berlangsung di Bali pada Mei 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh salahsatu anggota Panitia Nasional 10th World Water Forum, yakni Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan -Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) M Saleh dalam acara Road to 10th World Water Forum bertajuk Water for Humans and Nature; Water Quality Improvement, Sanitation, and Drinking Water for All di Posko Sektor 6 Citarum Bandung.

"Program Citarum Harum yang dilaksanakan sejak 2018 merupakan upaya khusus untuk meningkatkan kualitas air Sungai Citarum. Pada World Water Forum ke-10 yang akan datang sudah dicanangkan Citarum Harum sebagai contoh (showcase) keberhasilan pengelolaan air," kata Saleh.

Direktur Sanitasi Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Tanozisochi Lase dalam sambutannya mengatakan, salah satu strategi menangani Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum adalah mengelola limbah sampah yang seharusnya tidak dibuang ke sungai.

"Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya sudah melakukan beberapa kegiatan seperti pengelolaan air limbah domestik dan pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce,Reuse,Recycle (TPS3R)," kata Lase.