Logo Bloomberg Technoz

Anak Buah Luhut: Prabowo Pro-CCS, Proyek Tangkap Karbon Lanjut

Dovana Hasiana
15 May 2024 14:10

Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)
Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menegaskan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024—2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bakal melanjutkan pengembangan industri penangkapan dan penyimpanan karbon atau carbon capture storage (CCS). 

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Jodi Mahardi mengatakan komitmen Prabowo-Gibran terhadap CCS sudah terlihat sejak debat wakil presiden beberapa waktu lalu di mana Gibran yang pertama kali mengangkat topik CCS.

“Kami paham banyak orang yang bertanya apa yang akan terjadi pada pemerintahan selanjutnya? Saya pikir kalian semua tahu bahwa pemerintahan selanjutnya bakal berkomitmen terhadap CCS,” ujar Jodi IPA Convex 2024 di ICE BSD, Rabu (15/5/2024).

Selain itu, Jodi mengatakan bahwa Prabowo-Gibran telah mendeklarasikan bakal mendukung kebijakan CCS. “Pemerintahan saat ini pro-CCS, pemerintahan selanjutnya sudah menyatakan bahwa mereka pro-CCS.”

Operasi di Lab Penelitian Penangkapan Karbon UBC./Bloomberg-James MacDonald


Menurut Jodi, Indonesia membutuhkan kerja sama dalam bidang penelitian, pengembangan dan penyebaran atau research, development and deployment (RDD) dari CCS. Selain itu, Indonesia juga membutuhkan kerja sama dalam peningkatan kapasitas atau capacity building mengenai CCS.