Logo Bloomberg Technoz

Cara Atasi Kulit Keriput akibat Paparan Sinar Matahari 

Dinda Decembria
08 May 2024 16:10

Gelombang Panas Esktrem.
Gelombang Panas Esktrem.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Cuaca panas atau gelombang panas terjadi di beberapa negara termasuk Indonesia. Untuk itu, harus diperhatikan terkait kesehatan kulit.

Dokter spesialis kulit Dr.dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpD.V.E, Subsp.OBK, FINSDV, FAADV mengatakan keriput pada kulit sebenarnya bukan karena gelombang panas yang kini terjadi di sejumlah wilayah Asia.

"Kulit bisa keriput atau istilahnya foto aging apabila terpapar sinar matahari, namun prosesnya butuh waktu lama. Yang kemungkinan besar terjadi karena gelombang panas adaalah kulit yang terbakar matahari,"katanya kepada Bloomberg Technoz, Rabu (8/5/2024).

Untuk mengatasi kulit yang sudah terlanjut keriput akibat paparan matahari yang terus berlangsung dengan jangka waktu panjang, pasien disarankan melakukan perawatan.

"Dengan krim yang mengandung asam vitamin A, tretinoin atau retinol yang bisa merangsang kolagen, juga bisa dilakukan perawatan-perawatan di klinik, mulai dari chemical peeling sampai laser, serta injeksi botox atau skin booster,"jelasnya.

Tips lain melindungi kesehatan kulit dari paparan sinar matahari :