Logo Bloomberg Technoz

Asal-Usul Nama Sepatu Bata hingga Perjalanan Sejarahnya

Redaksi
08 May 2024 13:40

Sejarah Bata. (Dok.thebatacompany.com)
Sejarah Bata. (Dok.thebatacompany.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Brand sepatu Bata telah lama hadir di Indonesia dan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Namun, seberapa banyak yang kita ketahui tentang asal-usul nama Bata ini?

Menurut catatan Bloomberg Technoz, sepatu Bata sebenarnya berasal dari perusahaan asing yang didirikan di Republik Ceko. Perusahaan ini dikenal dengan nama T&A Bata Shoe Company, yang berbasis di Zlin, Republik Ceko.

Nama 'T&A Bata' sendiri diambil dari nama para pendiri perusahaan tersebut, yaitu Tomáš, Anna, dan Antonín Baťa. Mereka adalah generasi kedelapan dari keluarga Bata yang telah lama terlibat dalam industri pembuatan sepatu.

Perjalanan Sejarah Perusahaan

Pada tahun 1894, kakak-beradik Bata ini mendirikan pabrik sepatu Bata pertama mereka dengan hanya sepuluh pekerja. Namun, dalam waktu singkat, perusahaan ini berkembang pesat dan mulai mempekerjakan sekitar lima puluh orang.

Pada tahun 1897, Bata mulai menggunakan mesin pembuat sepatu pertama yang beroperasi dengan uap. Ini menjadikan Bata sebagai perusahaan pertama di Eropa yang berhasil memproduksi sepatu secara massal.