Logo Bloomberg Technoz

China-Australia Panas, Saling Tuding Insiden di Atas Laut Kuning

News
07 May 2024 20:00

China-Australia (Dok: Bloomberg)
China-Australia (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China menuduh pesawat militer Australia melakukan manuver berbahaya, meningkatkan perselisihan atas insiden terbaru yang melibatkan militer kedua negara.

“Yang sebenarnya terjadi adalah pesawat militer Australia dengan sengaja terbang dalam jarak dekat dengan wilayah udara China dalam tindakan provokatif yang membahayakan keamanan udara maritim China atas nama penegakan resolusi Dewan Keamanan PBB,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Lin Jian pada konferensi pers reguler pada Selasa (07/05/2024).

Departemen Pertahanan Australia sebelumnya mengatakan bahwa pesawat Angkatan Laut Pembebasan Rakyat (People’s Liberation Army/PLA) mencegat salah satu helikopternya di Laut Kuning pada 4 Mei dan "mengeluarkan suar di sepanjang jalur penerbangan." Namun Lin mengatakan pesawat China mengambil "tindakan yang diperlukan" untuk memperingatkan helikopter Australia. Dia menambahkan bahwa Beijing mengajukan "protes serius" kepada Australia.

Kementerian Pertahanan China juga mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Selasa bahwa tindakan mereka masuk akal dan aman, dan menuduh helikopter Australia melakukan pengintaian terhadap latihan militer.