Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Pamer Pembangunan Infrastruktur Selama 10 Tahun

Azura Yumna Ramadani Purnama
06 May 2024 11:30

Presiden Jokowi. (Dok: Bloomberg)
Presiden Jokowi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan beberapa capaian pembangunan infrastruktur yang digagasnya selama dua tahun periode jabatan atau nyaris 10 tahun. Dia mengklaim, pembangunan fisik ini telah membantu pertumbuhan ekonomi di sejumlah daerah.

Dia mengawalinya dengan mengatakan telah merampungkan pembangunan 42 bendungan. Bahkan, dia mengklaim, ada tambahan 18 bendungan lain yang akan diresmikan sebelum lengser pada Oktober mendatang.

"Tahun ini akan jadi 60an [Bendungan] totalnya. Meleset-meleset dikit jadi 54. Tapi yang lainnya tetap dikebut akan selesai," ujar Jokowi pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional, Senin (6/5/2024).

Selain bendungan, Jokowi mengklaim, pemerintah pusat dalam 10 tahun telah merampungkan pembangunan 2.049 kilometer jalan tol. Selain itu, pemerintah juga telah membangun 5.833 kilometer jalan nasional.

Seluruh infrastruktur jalan ini disebut sebagai penopang distribusi logistik antardaerah. Hal ini mampu memberikan akses baru, mempercepat distribusi, dan menekan biaya logistik di Indonesia.