Logo Bloomberg Technoz

Tujuan GOTO Melakukan Private Placement

Mis Fransiska Dewi
04 May 2024 17:00

Grup GOTO dengan berbagai unit bisnis, dari layanan perbankan, fintech, e-commerce hingga logistik. (Dok: Bloomberg)
Grup GOTO dengan berbagai unit bisnis, dari layanan perbankan, fintech, e-commerce hingga logistik. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 11 Juni 2024. Perusahaan akan meminta restu untuk menggelar private placement dan buyback saham kepada pemegang saham.

Berdasarkan keterbukaan informasi, dikutip Sabtu (4/5/2024), GOTO menyatakan dalam Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD ) atau private placement akan menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 120,14 miliar saham Seri A atau setara dengan 10% modal ditempatkan dan disetorkan penuh.

Pelaksanaan private placement dilakukan dalam periode satu tahun sejak mendapatkan izin dari RUPS. Dana yang diperoleh akan digunakan oleh Perseroan untuk mendukung kebutuhan modal kerja serta pelunasan melalui konversi atas utang Perseroan di kemudian hari.

Adapun rincian penggunaan dana adalah untuk GOTO sebesar 35% dari dana PMTHMETD, PT Dompet Anak Bangsa 20%, PT Multifinance Anak Bangsa 25%, dan setiap bisnis groceries yang dimiliki Perseroan sebesar 20%.

"Perseroan menyampaikan bahwa terkait dengan metode pendanaan yang dapat dimanfaatkan oleh Perseroan dengan menggunakan Saham Baru yang diterbitkan melalui PMTHMETD, saat ini masih belum ada keputusan yang diambil oleh Perseroan karena Perseroan masih terus menjajaki berbagai peluang. Selain itu, keputusan untuk melaksanakan PMTHMETD akan dilakukan apabila terdapat kesempatan untuk melakukan hal ini yang akan bergantung pada kondisi pasar," tulis pernyataan dari GOTO.