Logo Bloomberg Technoz

Tur CEO Microsoft Bukti Asia Tenggara Kini Jadi Penting

Redaksi
02 May 2024 16:20

CEO Microsoft Satya Nadella. (Dok: Bloomberg)
CEO Microsoft Satya Nadella. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rangkaian perjalanan bisnis Chief Executive Officer (CEO) Microsoft Corp Satya Nadella ke Asia Tenggara menunjukkan kawasan ini menjadi penting. Tiga negara telah dia resmikan sebagai calon pusat data baru di ASEAN, Indonesia, Thailand, terakhir Malaysia.

Di Indonesia pada penghujung bulan April Satya Nadella memulai tur Asia dan mengumumkan investasi empat tahun senilai US$1,7 miliar.

Sehari berselang, saat Hari Buruh Internasional, Satya Nadella menyatakan akan membangun infrastruktur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan mendirikan pusat data Azure pertamanya di Thailand, namun tidak diketahui resmi nilai investasi tersebut.  

Bangkok Post melaporkan, sebagai bagian dari investasi di Thailand, Microsoft berencana untuk menginvestasikan US$1 miliar pada bidang untuk pusat data baru.

Di Malaysia, hari ini, Kamis (2/5/2023), Satya Nadella mengumumkan komitmen investasi yang sama sekitar Rp35 triliun, dengan turut mengagendakan 2,5 juta orang dalam keterampilan AI di Asia Tenggara pada tahun 2025.