Logo Bloomberg Technoz

BYD Dirikan Pabrik EV di Subang, Beroperasi Januari 2026

Dovana Hasiana
01 May 2024 13:20

BYD. (Dok: Bloomberg)
BYD. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Raksasa kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) China, Build Your Dreams (BYD), melalui PT BYD Motor Indonesia mengumumkan bakal membangun pengembangan fasilitas produksi di Subang, Jawa Barat, Indonesia.

Selain fasilitas produksi, BYD juga bakal membangun ekosistem EV berupa pusat penelitian dan pengembangan serta fasilitas pelatihan dengan teknologi terbaru.

Adapun, fasilitas produksi EV BYD ini akan dibangun di area Fase 2 Subang Smartpolitan di Kawasan Industri Subang Smartpolitan, khususnya di bagian utara kawasan tersebut.

Dengan perencanaan ekosistem EV yang terintegrasi, BYD akan menggunakan lahan terbesar seluas lebih dari 108 hektare (ha).

“Melalui berbagai penilaian, BYD memutuskan bahwa Kawasan Industri Subang Smartpolitan tepat untuk menjadi lokasi pengembangan industri EV BYD di Indonesia. Kawasan industri ini dapat memenuhi kriteria, baik dari segi luas, jarak, lingkungan, maupun infrastruktur yang kami perlukan, sehingga kami yakin bahwa fasilitas yang terbangun nantinya akan mampu mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia dan transisi menuju energi bersih, serta sekaligus mendukung perekonomian negara khususnya wilayah sekitar,” ujar Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao dalam siaran pers, dikutip Rabu (1/5/2024).