Logo Bloomberg Technoz

Investasi Real Estat Asia Rp495 T Kuartal I, di Mana Terlaris?

Dovana Hasiana
30 April 2024 09:50

Ilustrasi properti di Singapura (doc Bloomberg)
Ilustrasi properti di Singapura (doc Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Konsultan properti Jones Lang LaSalle (JLL) melaporkan Asia Pasifik adalah satu-satunya wilayah di seluruh dunia yang mengalami pertumbuhan investasi real estat komersial pada kuartal I-2024, dengan volume investasi mencapai US$30,5 miliar atau setara Rp494,8 triliun (asumsi kurs Rp16.223,15).

Menurut data dan analisis JLL, investasi real estat komersial tumbuh sebesar 13% secara tahunan atau year on year (yoy) pada kuartal I-2024, yang menandakan kenaikan untuk kedua kalinya secara tahunan setelah penurunan selama tujuh kuartal berturut-turut.

Peningkatan volume investasi terjadi di tengah akuisisi secara besar-besaran oleh investor global, sementara investor institusional melanjutkan penanaman modal.

JLL melaporkan Asia Utara memimpin pertumbuhan di kawasan ini, di mana Jepang menjadi pasar teraktif di Asia Pasifik dengan volume investasi sebesar US$11,5 miliar, naik 29% yoy di sepanjang kuartal tersebut.

Para pembeli domestik fokus pada aset inti di Jepang, sementara pemodal asing menunjukkan minat pada investasi yang bersifat oportunistik.