Logo Bloomberg Technoz

Perkuat Hubungan, UEA dan Ukraina Sepakati Perjanjian Perdagangan

News
29 April 2024 20:20

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)

Abeer Abu Omar - Bloomberg News

Bloomberg, Uni Emirat Arab (UEA) dan Ukraina telah mencapai kesepakatan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan perdagangan bilateral, yang telah turun tajam dari level sebelum perang.

Thani Al-Zeyoudi, Menteri Luar Negeri untuk Perdagangan Luar Negeri UEA, dalam sebuah wawancara, mengatakan perdagangan non-minyak antara kedua negara mencapai US$386 juta tahun lalu, turun dari lebih dari US$800 juta sebelum invasi Ukraina oleh  Rusia pada Februari 2022. Dia menambahkan, penurunan perdagangan ini tidak hanya terjadi di negara Teluk tersebut, dan tren serupa dengan Ukraina sejak dimulainya perang dapat terlihat di seluruh dunia.

Perjanjian ini menyelesaikan pakta perdagangan yang diumumkan dua tahun lalu, dan merupakan bagian dari tujuan UEA untuk meningkatkan perdagangan luar negeri non-minyak dengan banyak negara. Menurut pernyataan yang dirilis Senin (29/04/2024) kesepakatan ini bertujuan untuk mengurangi atau menghapus tarif pada beberapa produk, dan memperkuat rantai pasokan ke wilayah yang lebih luas untuk ekspor utama seperti biji-bijian, mesin, dan logam.

Kementerian Ekonomi dalam sebuah pernyataan di situs webnya mengatakan Kyiv memperkirakan kesepakatan itu dapat meningkatkan produk domestik bruto (PDB) Ukraina sebesar 0,1% dalam jangka menengah hingga panjang.