Logo Bloomberg Technoz

Setelah Tokopedia, GOTO Bakal Jual Bisnis GoTo Logistic

Sultan Ibnu Affan
29 April 2024 18:00

GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat untuk melakukan divestasi kepemilikannya terhadap bisnis pengiriman dan pemenuhan (fulfillment) pendukung Tokopedia yang berada di bawah GoTo Logistics. 

Hal tersebut terungkap dalam siaran pers kinerja keuangan Kuartal I-2024 yang disampaikan pada hari ini, Senin (29/4/2024).

GOTO menyayakan pada saat penyelesaian transaksi tersebut, GoTo Logistics juga akan didekonsolidasi dari Grup GoTo. Transaksi ini tidak akan berdampak kepada GoSend, layanan pengiriman konsumen-ke-konsumen yang pada saat ini tersedia melalui aplikasi Gojek yang merupakan bagian dari segmen bisnis On-Demand Services Grup GoTo.

"Pada tingkat Grup, GoTo menyajikan informasi kinerja proforma dengan mengasumsikan Tokopedia dan bisnis terkait pengiriman dan fulfillment di bawah GoTo Logistics telah didekonsolidasi per tanggal 1 Januari 2023. Hal ini dilakukan untuk dapat menyajikan perbandingan kinerja YoY yang konsisten dalam rangka pelaporan kinerja 1Q2024. Penyajian indikator kinerja di tingkat segmen adalah sesuai dengan yang dilaporkan," tulis siaran pers GOTO. 

Namun tidak ada informasi lebih lanjut mengenai divestasi GoTo Logistic.