Logo Bloomberg Technoz

Namun, sebagian besar peningkatan terjadi pada Januari dan Februari. Konsumsi kehilangan momentum pada Maret dan kemerosotan sektor perumahan makin dalam. Hal ini menunjukkan adanya tantangan sepanjang sisa 2024 yang mungkin memerlukan lebih banyak stimulus untuk mengatasinya.

“Real estat dan sektor hulu dan hilirnya menyusut secara keseluruhan, sehingga terus menurunkan ekspektasi masyarakat serta permintaan secara keseluruhan,” kata Nie Wen, kepala analis makro di Hwabao Trust Co. “Investasi pemerintah sangat dibutuhkan untuk menstabilkan atau meningkatkan permintaan. .”

Penurunan kinerja sektor properti menimbulkan risiko terbesar terhadap pertumbuhan China tahun ini, menurut sembilan dari 15 ekonom yang disurvei, sementara empat ekonom mengatakan rendahnya inflasi dan lemahnya konsumsi domestik merupakan kekhawatiran terbesar.

Terdapat perbedaan pendapat serupa mengenai bagaimana Beijing harus meresponsnya, dengan langkah-langkah untuk meningkatkan investasi real estat menjadi prioritas utama, diikuti dengan percepatan belanja publik.

Pemerintah daerah khususnya telah mengurangi pengeluaran mereka karena banyak yang bergulat dengan krisis utang. Setelah bertahun-tahun merajalelanya pinjaman di luar neraca, kini mereka terdampak oleh menurunnya pendapatan dari pajak dan penjualan tanah.

Beijing telah mengumumkan rencana untuk meningkatkan belanja pemerintah pusat sebagai penyeimbang. Namun, penerbitan obligasi pemerintah lebih lambat dari perkiraan, sebagian karena pihak berwenang masih mencari cara untuk menginvestasikan dana yang mereka kumpulkan tahun lalu, di tengah kurangnya proyek yang memenuhi syarat.

Para pejabat telah mengindikasikan penjualan utang dapat meningkat dalam beberapa bulan mendatang, sehingga membuka jalan bagi peningkatan fiskal. Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, badan perencanaan ekonomi utama China, mengatakan pada Selasa bahwa pihak berwenang telah menyelesaikan penyaringan proyek yang membutuhkan total investasi sebesar 5,9 triliun yuan (US$814 miliar) yang memenuhi syarat untuk pendanaan obligasi lokal khusus. Komisi menyebutnya sebagai “fondasi yang kokoh” untuk menggunakan obligasi senilai 3,9 triliun yuan yang akan dijual tahun ini.

Sebanyak 24 pemimpin paling senior Partai Komunis diperkirakan akan bertemu pada akhir bulan ini di pertemuan Politbiro, yang diawasi ketat oleh investor sebagai petunjuk mengenai perubahan kebijakan ekonomi dalam beberapa bulan mendatang.

Bendera China. (Dok: Bloomberg)


Sorotan lain dari survei Bloomberg:

  • Perkiraan median pertumbuhan PDB tahun-ke-tahun pada kuartal kedua dinaikkan menjadi 5,3% dari 4,9% pada jajak pendapat sebelumnya.
  • Ekspor diperkirakan meningkat 3,4% tahun ini, vs 3%. Prospek pertumbuhan impor dipertahankan pada 2,6%.
  • Penjualan ritel kini diperkirakan meningkat 5,5% tahun ini, vs 5,7%.
  • Investasi aset tetap diperkirakan meningkat 4,8% pada tahun 2024, vs 4,6%.
  • PBOC diperkirakan menurunkan rasio persyaratan cadangan sebesar 25 basis poin pada kuartal saat ini, penurunan yang sebelumnya tidak diperkirakan hingga kuartal ketiga.
  • PBOC diperkirakan menurunkan suku bunga fasilitas pinjaman jangka menengah sebesar 10 bps sebelum akhir Juni, kemudian 10 bps lagi pada kuartal keempat.

(bbn)

No more pages