Logo Bloomberg Technoz

Para analis menyebut penurunan di bawah US$150 telah menembus level support utama. Pada hari Selasa, saham Tesla rebound, melonjak sebanyak 3,7% menjadi US$147,26 jeda tutup perdagangan hari di New York.

“Saham ini sekarang berada di wilayah tak bertuan, dengan kantong udara yang sangat besar dan di bawah US$100," kata Todd Sohn, pakar strategi ETF dan teknikal di Strategas Securities. 

Dalam beberapa indikator harga saham Tesla masih terlihat tinggi meski terjadi penurunan baru-baru ini: Dengan harga hampir 47 kali lipat dari pendapatan ke depan, harga Tesla jauh lebih mahal dibandingkan dengan saham-saham lain yang termasuk dalam kelompok Magnificent Seven. 

Laba dan Penjualan Kuartalan Tesla Anjlok.

Di sisi lain, sentimen negatif telah menetapkan batasan yang relatif rendah, menciptakan potensi rebound yang melegakan. 

“Arus berita dan psikologi seputar Tesla telah menjadi sangat negatif sehingga sebuah penurunan sederhana mungkin sudah diperhitungkan,” kata Steve Sosnick, kepala strategi di Interactive Brokers LLC.

Namun, hal itu tidak terjadi. Saham Tesla turun setidaknya 9% sehari setelah empat laporan kuartalan terakhir, dan perdagangan opsi menyiratkan ekspektasi pergerakan 8% ke salah satu arah setelah angka-angka pada hari Selasa. 

Permintaan untuk opsi jual jangka pendek yang membayar pada penurunan 10% telah melonjak ke premi tertinggi dibandingkan opsi beli yang setara sejak November.

Secara keseluruhan, hal ini menandakan bahwa para investor membayar lebih banyak untuk perlindungan jika saham turun, dibandingkan dengan opsi yang memposisikan keuntungan.

“Pendapatan sangat penting. Jika kita mendapatkan kekecewaan yang mendalam, maka US$100 kemungkinan besar akan menjadi pemberhentian berikutnya,” ucap Sosnick.

Figur Elon Musk Disorot Investor

Elon Musk, CEO Tesla.

CEO Elon Musk memang telah mengatakan bahwa perusahaan akan meluncurkan Robotaxi pada bulan Agustus, tetapi belum menjelaskan rencana untuk perilisan mobil listrik murah.

Ada kemungkinan bahwa Tesla hanya akan menunda produksi mobil segmen tersebut, dan bukannya membatalkannya. 

Namun, kekhawatiran tentang strategi Tesla memperburuk kegelisahan investor di saat perusahaan ini sedang menghadapi perlambatan pertumbuhan, margin dan penjualan yang menipis. 

Angka penjualan kendaraan untuk kuartal pertama, yang diumumkan pada awal bulan ini, paling lambat dari perkiraan analis dalam setidaknya tujuh tahun terakhir.  

Selama 12 bulan terakhir, ekspektasi untuk pendapatan kuartal pertama telah diturunkan menjadi 52 sen per saham, setengah dari apa yang pernah diantisipasi.

Perkiraan pendapatan — sekarang sekitar US$22,3 miliar — telah dipotong 22% selama periode tersebut, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, sementara perkiraan arus kas bebas turun 70% menjadi sekitar US$654 juta.

Elon Musk juga dikenal kerap menantang status quo — sebuah hal  dikhawatirkan oleh para investor Tesla Inc saat ini.  Saham perusahaan ini baru saja mengalami penurunan terpanjang sejak akhir 2022, anjlok hampir 19% dalam tujuh hari terakhir, di tengah keraguan mengenai strategi bisnisnya karena penjualan kendaraan listrik merosot.

- Dengan asistensi Esha Dey.

(wep)

TAG

No more pages

Artikel Terkait