Logo Bloomberg Technoz

Alasan Mahfud MD Tak Hadir di Acara Penetapan Prabowo-Gibran

Mis Fransiska Dewi
24 April 2024 17:00

Cawapres Mahfud MD saat sidang pembacaan putusan sengketa Pilpres di Gedung MK, Senin (22/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Cawapres Mahfud MD saat sidang pembacaan putusan sengketa Pilpres di Gedung MK, Senin (22/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 03 Mohammad Mahfud MD buka suara soal alasannya tak hadir pada acara penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029. 

Mahfud mengklaim tak mengetahui ada undangan acara Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut. Dia baru menerima informasi tentang undangan tersebut sekitar 30 menit sebelum acara penetapan dimulai. 

KPU menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024 pada pukul 10.00 WIB, hari ini. “Saya menyesal juga tidak bisa hadir. Jadi waktunya tidak ngejar. Jadi saya tidak tahu ada undangan,” kata Mahfud pada video yang diunggah pada akun instagram pribadinya, Rabu (24/4/2024). 

Telatnya informasi undangan, menurut dia, disebabkan karena petugas liaison officer atau LO kegiatannya sedang tak aktif. Selain itu, dia pun mengklaim masih memiliki sejumlah kegiatan yang harus dituntaskan usai putusan PHPU Pilpres 2024 oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

“[Sejak putusan MK] saya sudah banyak membuka komunikasi lagi dengan teman-teman yang selama ini [komunikasinya] saya tutup agar tidak dilihat sebagai tendensi politik,” ujar dia.