Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Kaji Perluas Kebijakan Insentif DHE

Azura Yumna Ramadani Purnama
23 April 2024 15:20

Ilustrasi Perdagangan Ekspor Impor di Pelabuhan. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Perdagangan Ekspor Impor di Pelabuhan. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menyebut pemerintah membuka opsi memperluas kebijakan insentif Devisa Hasil Ekspor (DHE) dari Kegiatan Pengusahaan, Pengelolaan dan Pengolahan Sumber Daya Alam (SDA).

Pada awalnya Airlangga menyerukan untuk menggencarkan sosialisasi kebijakan penempatan DHE di dalam negeri. Selain itu, ia turut menyampaikan bahwa tingkat kepatuhan para eksportir dalam mematuhi kebijakan tersebut terbilang baik.

“Ya tentunya DHE terus kita sosialisasikan, nanti kita akan melakukan evaluasi,” kata Airlangga kepada awak media di kantornya, Senin (22/4/2024).

Meskipun begitu, ia mengatakan terdapat beberapa eksportir yang meminta kebijakan-kebijakan tertentu kepada pemerintah terkait penerapan DHE tersebut. Dengan demikian, pihaknya tetap membuka peluang adanya perluasan kebijakan DHE.

“Sudah cukup baik terutama yang ekstraktifnya, memang ada beberapa yang minta kebijakan tertentu namun kita masih lihat,” tuturnya.