Logo Bloomberg Technoz

"Kita harapkan dua-duanya; produksi naik, harganya meningkat. Ini yang harus dilakukan pemerintah mungkin pembelian dengan Bulog."

Surplus Beras

Masih pada kesempatan yang sama, Jokowi memaparkan bahwa beras dalam negeri mengalami surplus atau kelebihan stok, meski beberapa keadaan petani mengalami gagal panen. 

"Hitungan kita kemarin di beras ada kelebihan. Bulan lalu [Maret] di hitungan BPS [Badan Pusat Statistik], kelebihan 300.000 ton, yang diperkiran dahulu tidak surplus [beras], ternyata kelebihan," terangnya. 

Sebagai informasi, melihat dari panel rata-rata harga pangan Badan Pangan Nasional pukul 14.20 WIB hari ini, beras premium mengalami kenaikan Rp10 menjadi Rp15.920/kg sementara beras medium mengalami rata-rata penurunan harga ditingkat pedangang eceran Rp13.720/kg turun Rp20. 

Sementara itu, jagung tk peternak terlihat juga mengalami kenaikan rata-rata harga ditingkat pedagang eceran sebesar Rp120 atau naik Rp7.800/kg secara nasional. Ditingkat provinsi, Papua Pegunungan mengalami kenaikan harga paling tinggi yakni Rp26.000/kg.

(prc/wdh)

No more pages