Logo Bloomberg Technoz

IHSG Dibuka Menguat 0,36% di Tengah Ketidakpastian Pasar

Muhammad Julian Fadli
22 April 2024 09:15

Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Senin (22/4/2024), dibuka menguat. Pada pukul 9.10, indeks mencatat kenaikan 25,59 poin atau setara dengan 0,36% ke level 7.112.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 2 miliar saham dengan nilai transaksi Rp1 triliun. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 117.699 kali.

Sebanyak 217 saham menguat dan 162 saham melemah. Sementara, 180 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari dalam negeri, dan global. Pekan yang sibuk diwarnai sejumlah agenda dan data penting, Bank Indonesia menggelar Rapat Dewan Gubernur yang akan memutuskan kebijakan suku bunga acuan BI-Rate, dijadwalkan akan diumumkan pada Rabu, 24 April mendatang. Pekan ini juga akan terbit rilis data sangat penting bagi pasar global yaitu data inflasi (Personal Consumption Expenditure/PCE) Amerika Serikat pada Jumat nanti.

Bank Indonesia akan menggelar RDG pada 23–24 April di tengah ketidakpastian ekonomi yang kian meningkat. Konsensus 22 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg sejauh ini masih memperkirakan Bank Sentral akan kembali mempertahankan suku bunga acuan BI-Rate di level 6%.