Logo Bloomberg Technoz

Para pembuat kebijakan akan mengamati periode larangan berbicara di depan umum pada minggu mendatang, menjelang pertemuan dua hari mereka yang berakhir pada 1 Mei 2024.

Angka inflasi baru pada Jumat akan disertai dengan angka pengeluaran pribadi dan pendapatan Maret. Dengan latar belakang pertumbuhan lapangan kerja yang sehat, para ekonom memproyeksi kenaikan yang kuat pada pengeluaran rumah tangga untuk barang dan jasa. Pertumbuhan pendapatan juga diperkirakan akan meningkat.

Data lain pada pekan ini termasuk perkiraan awal pemerintah mengenai pertumbuhan pada kuartal pertama, yang mungkin melambat dibandingkan dengan laju pertumbuhan pada periode sebelumnya, namun masih berada di atas angka yang dianggap berkelanjutan oleh para pembuat kebijakan dalam jangka panjang.

Indeks gabungan aktivitas produsen dan penyedia layanan juga akan dirilis, serta penjualan rumah baru. Pekan ini, Universitas Michigan akan mempublikasikan pembacaan terakhir sentimen konsumen dan ekspektasi inflasi pada bulan April.

Berikut Ulasan Ekonomi Bloomberg:

“PDB riil kemungkinan melambat menjadi sekitar 2,7% pada kuartal pertama setelah pertumbuhan rata-rata 4,2% pada semester kedua 2023. Angka tersebut masih di atas laju berkelanjutan jangka panjang sebesar 1,8%, menurut proyeksi FOMC, yang menunjukkan tekanan inflasi yang terus berlanjut. Ke depan, aktivitas akan tertantang oleh lemahnya belanja diskresioner karena konsumen semakin sensitif terhadap harga di tengah meningkatnya inflasi.”

Melihat ke arah utara, ringkasan pertimbangan Bank of Canada akan memberikan lebih banyak titik terang pada perdebatan antar pejabat mengenai apa yang ingin mereka capai sebelum menurunkan suku bunga. Penjualan ritel untuk Februari dan perkiraan awal untuk Maret mungkin mengkonfirmasi tanda-tanda perlambatan konsumen di awal tahun.

Selain itu, keputusan Bank Sentral Jepang (BOJ) akan dicermati untuk mencari petunjuk kenaikan suku bunga di masa depan, pejabat Turki mungkin akan menahan biaya pinjaman, indeks bisnis Ifo Jerman mungkin menandakan perbaikan, dan negara-negara mulai dari Australia hingga Meksiko akan merilis angka inflasi.

Asia

BOJ akan menyampaikan perkiraan harga terbarunya, kurang dari sebulan setelah kenaikan suku bunga pertama sejak tahun 2007.

Dengan bank sentral Jepang diperkirakan akan mempertahankan kebijakannya setelah menghentikan program pelonggaran besar-besaran, para ekonom dan investor akan meneliti perkiraan tersebut dan karakterisasi risiko inflasi yang dilakukan BOJ untuk mencari petunjuk mengenai laju kenaikan suku bunga di masa depan.

Pelemahan yen yang berkelanjutan akan menambah lapisan ketegangan ketika Gubernur Kazuo Ueda berbicara pada sebuah pengarahan setelah keputusan hari Jumat.

Minggu ini dimulai dengan bank-bank Tiongkok diperkirakan akan mempertahankan suku bunga utama mereka tidak berubah.

Angka awal ekspor dari Korea Selatan akan memberikan gambaran tentang kekuatan perdagangan dunia. Negara yang bergantung pada perdagangan ini akan merilis angka produk domestik bruto pada hari Kamis, dengan perekonomian diperkirakan akan tumbuh pada tingkat yang sama seperti empat kuartal sebelumnya.

Bank sentral Indonesia kemungkinan akan mempertahankan biaya pinjaman tidak berubah pada angka 6%.

Singapura, Australia dan Malaysia merilis angka inflasi selama seminggu, dengan angka bulanan dari Down Under diperkirakan menunjukkan percepatan pertama sejak bulan September.

(bbn)

No more pages